Wednesday 14 November 2018

cara menanam bayam hijau dan merah

assalamu'alaikum wr. wb
selamat datang di faozi12.blogspot.com
bayam itu banyak kandungan gizinya, banyak yang menyarankan kalau balita dan anak2 kecil untuk memakan bayam
diliat dari gizi nya,..jadi bagaimana kalau kita memberi bayam untuk anakan ayam yang memang membutuhkan banyak nutrisi,,,,,
pastinya makin cepat besar dong yah......
oleh karena itu akan saya bagikan cara menanam bayam yang sudah dan terus saya praktekkan dirumah

alat dan bahanya nih teman2,.... pastikan semuanya ada sebelum menanam
1. polybag ataupun pot, ukuranya bebas, minimal 10 cm , saya sarankan 20 cm

2. benih bayamnya... terserah bayam hijau atau bayam merah, bisa dibeli di toko pertanian


3.tanah, bisa ada pupuknya, bisa juga ngga, yang terpenting di ayak dulu yah, atau di cangkul2 biar tanahnya ngga keras dan ada udaranya nanti

inih caranya:
1. polibag atau pot dikasih tanah, trus di cangkul2 atau di ayak....

2. taburkan benih bayamnya ke media tanam



3. ditaburnya bisa langsung atau bisa pake tangan, untuk banyaknya biji ya suka2 kamu aja,... klo saya si banyak, biar panenya melimpah


4. diliat dari gambar diatas itu polybag atau pot ada tanaman kangkung, nah kenapa di barengin sama kangkung,... bersadarkan pengalaman saya tuh bayam sangat gampang busuk akar karna emang musim hujan, jadi saya kasih kangkung dulu buat mengamankan tanah biar ngga terlalu kebanyakan air




5. jangan keseringan di kasih air yah, klo belum bener2 kering , jangan disiram, pastikan kena panas matahari

6. ini umur 1 mingguan setelah tabur,.... cepat lambatnya tinggi bayamnya salah satu faktornya karna sinar matahari





6. masa panen tuh 20 - 30 hari





panen bisa dicabut atau di potong setengah tanamanya......
semuanya sama aja.... saran saya kalau mau dicabut tuh jangan dicabut semua... sisain 1 pot/ polybag untuk di tuakan buat diambil bijinya......


.....................


nah untuk dikasih makan ayam tuh bisa 1 pot pagi hari, 1 pot sore hari....
jadi kalau mau serius nanem bayam untuk anakan ayam ya harus sedia 60 pot / polibag
harga 60 polibag tuh 15 ribu untuk ukuran diameter 15 cm
harga benihnya tuh 16 ribuan
kalau pot tergantung, tpi klo yang saya beli tuh ukuran 20 cm harga 3000an..... 15 cm harga 22 ribuan
....
kalau saya bayamnya di blender
bareng kecambah
dan murbey...
trus dikasih fur
mau tau cara proses pembuatan makanya

semua saya jelaskan....
bahkan saya bagikan laporan pengeluaran makanan yang sedang saya jalani.... pantengin aja blog saya... oke,,,,
...............
.................
makasih yang udah membaca dan menerapkan artikel yang telah saya buat....
mau ngehubungin saya.... bisa wa aja 089669885145
tanya2, kasih saran,.... boleh saja

0 komentar:

Post a Comment